13 JUN 2023

Jakarta (13/6) - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) dan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhamnas) secara resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU). Penandatanganan MoU ini sebagai landasan kerja sama dalam meningkatkan sinergi antara Kementerian PPN/Bappenas dengan Lemhamnas di bidang ketahanan nasional dalam rangka mendukung perencanaan pembangunan nasional.

Acara penandatanganan MoU berlangsung pada Senin, 12 Juni 2023 di Gedung Kementerian PPN/Bappenas dan dihadiri oleh Menteri PPN/Bappenas, Bapak Suharso Monoarfa dan pejabat unit kerja terkait serta Gubernur Lemhamnas, Bapak Andi Widjajanto beserta staf. Kedua belah pihak menyampaikan komitmen untuk bekerja sama meningkatkan koordinasi antar lembaga dalam peningkatan kapasitas pimpinan tingkat nasional, pengkajian lang bersifat konsepsional dan strategls dalam rangka mendukung perencanaan pembangunan nasional berdasatkan nilai-nilai kebangsaan.

MoU ini mencakup beberapa bidang kerjasama antara Kementerian PPN/Bappenas dan Lemhamnas, diantaranya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan, pelatihan, penyiapan kader dan pimpinan tingkat nasional, serta pertukaran tenaga pengajar, pelaksanaan pengkajian dan penelitian bersama yang bersifat konsepsional dan strategis mengenai berbagai permasalahan di level nasional, regional dan internasional dan  untuk mendukung Ketahanan Nasional di berbagai bidang, pertukaran data atau informasi terkait Ketahanan Nasional guna mendukung perencanaan pembangunan nasional serta pelaksanaan sosialisasi dan diseminasi kebijakan sesuai tugas dan fungsi dari Kementerian PPN/Bappenas dan Lemhamnas.

Diharapkan bahwa kerjasama antara Kementerian PPN/Bappenas dan Lemhamnas melalui penandatanganan MoU ini akan membawa manfaat yang signifikan bagi pembangunan dan ketahanan nasional Indonesia. Kedua lembaga akan bekerja sama secara aktif dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada untuk mewujudkan visi pembangunan berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.