03 MAR 2023

Biro Hukum bersama dengan Direktorat Penanggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat (PKPM) Kementerian PPN/Bappenas yang diwakili oleh Bapak Dinar Dana Kharisma dan Bapak Hendra Wahanu Prabandani beserta Tim melakukan kunjungan ke Dinas Sosial kota Bukittinggi dan Kelurahan Campago Guguk Bulek Sumatera Barat.

Di Dinas Sosial Kota Bukittinggi Tim diterima langsung oleh Sekretaris Dinas Sosial Kota Bukittinggi Bapak Imam Suharsoyo, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Bukittinggi, Bapak Mukhlis serta Kepala Bidang Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kota Bukittinggi Ibu Sonni Fitri dan beberapa staf dari Dinas Sosial.

Kunjungan ini dalam rangka diskusi terkait dengan Reformasi Sistem Perlindungan sosial dan Penghapusan Kemiskinan Ektrem di Kota Bukittinggi. Pembahasan dimulai dengan pelaksanaan program sosial pemerintah terkait dengan perlindungan sosial, koordinasi daerah dalam penghapusan kemiskinan ekstrim serta pengalokasian dana untuk kegiatan bantuan dan pemberdayaan sosial di kota Bukittinggi.

Setelah kunjungan ke Dinas Sosial Kota Bukittinggi, tim melakukan kunjungan ke lapangan untuk bertemu langsung dengan masyarakat penerima bantuan sosial di kota Bukittinggi yang berada di kelurahan Campago Guguk Bulek, dikelurahan disambut langsung oleh Bapak Lurah, Nofrianto beserta staf. Terdapat beberapa program sosial yang fokus dijalankan di kelurahan Campago Guguk Bulek diantaranya Program Bantuan Lansia dan Program Keluarga Harapan. Tujuan kunjungan ini adalah mengetahui seberapa merata dan tepat sasaran bantuan program pemerintah di kota Bukittinggi sebagai bahan evaluasi pelaksanaan dari peraturan -peraturan pemerintah yang terkait dengan program bantuan dan perlindungan sosial salah satunya Peraturan Presiden tentang Reformasi Sistem Perlindungan Sosial yang masih dalam proses penyusunan.