03 OKT 2012

Hibah MCC (Millenium Challenge Corporation) merupakan program hibah pemerintah Amerika Serikat yang diberikan kepada Pemerintah Indonesia untuk menurunkan tingkat kemiskinan melalui pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Perjanjian terkait dengan kesepakatan-kesepakatan yang tercantum di dalam hibah MCC tersebut diatur dalam dokumen compact yang ditandatangani oleh Bapak Menteri Keuangan dengan Menteri Luar Negeri AS di Bali pada bulan November 2011.

Tindak lanjut dari dokument tersebut, maka pada tanggal 29 Agustus 2012 dilakukan negosiasi mengenai dokumen Project Implementation Arrangement (PIA) antara Kementerian PPN/Bappenas dengan MCC. Dokumen PIA hasil negosiasi selanjutnya ditandatangani pada tanggal 20 September 2012 di Washington DC, Amerika Serikat oleh Dr. Ir Lukita Dinarsyah Tuwo, MA (Wakil Menteri PPN/Wakil Kepala Bappenas) sebagai perwakilan dari Indonesia dan Patrick Fine (Vice Precident for MCC’s Department of Compact Operations) sebagai perwakilan dari MCC.

Berikut perwakilan Tim Indonesia yang hadir dalam penandatanganan yaitu Kennedy S, Emmy Suparmiatun, Syahrial Loetan, Dino Patti Djalal, Benyamin Carnadi, Dara Tusilawati, Triansyah Djani, sedangkan perwakilan dari Tim MCC yaitu Steve Kaufman, Troy Wray, Martha Bowen, Daniel W. Yohannes, Yohannes Abebe.