Kementerian PPN/Bappenas dan Monash University Jalin Kerjasama Strategis untuk Meningkatkan Pendidikan dan Perencanaan Pembangunan Nasional

  • View : 268 | BERITA

Jakarta (6/2) - Langkah besar telah diambil dalam dunia pendidikan dan perencanaan pembangunan nasional Indonesia. Kementerian PPN/Bappenas dan Monash University telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pada Senin (5/2/2024) di Ruang Rapat Kantor Kementerian PPN/Bappenas.

MoU yang berjudul Kolaborasi Perencanaan Pembangunan Nasional Melalui Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyaraka,  bertujuan untuk membentuk kerja sama yang erat dalam berbagai aspek perencanaan pembangunan nasional di Indonesia. Kolaborasi ini akan melibatkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, dengan harapan dapat meningkatkan efektivitas program-program pembangunan nasional.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas dan perwakilan dari Monash University, yang diwakili oleh Presiden Monash University.

Sebagai bagian dari upaya bersama untuk mendukung visi pembangunan nasional Indonesia, kedua belah pihak sepakat untuk memanfaatkan keahlian dan sumber daya yang dimiliki guna mencapai program-program dan sasaran pembangunan yang telah ditetapkan. Hal ini mencakup dukungan dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan pertukaran budaya.

Staf Ahli Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kementerian PPN/Bappenas menggarisbawahi pentingnya kerjasama ini, menyatakan bahwa langkah ini merupakan komitmen nyata dari Bappenas dalam mendukung pembangunan berkelanjutan Indonesia.

Dalam sambutannya, Presiden Monash University, Prof. Andrew Macintyre, mengungkapkan rasa bangganya atas kolaborasi ini. Beliau menegaskan komitmen Monash University untuk memajukan pendidikan di Indonesia dan berharap kerjasama ini akan memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia di bidang pendidikan tinggi.

Kerjasama ini tidak hanya akan memperkuat hubungan antara Monash University dan pemerintah Indonesia, tetapi juga akan membuka pintu bagi potensi kolaborasi lebih lanjut di masa depan.