Kementerian PPN/Bappenas Gelar Rapat Pembahasan Persiapan Penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

  • View : 365 | BERITA

Menindaklanjuti kerjasama antara Kementerian PPN/Bappenas dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia telah digelar rapat persiapan penandatanganan nota kesepahaman pada Rabu, 18 Oktober 2023 di Ruang Seminar BSM, Gedung Kementerian PPN/Bappenas.

Rapat tersebut dihadiri oleh berbagai kalangan Kementerian PPN/Bappenas diantaranya Bapak Dr. Ir. Taufik Hanafi, MUP selaku Sekretaris Kementerian PPN/Bappenas, Ibu Nuzula Anggeraini selaku Plt. Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kearsipan dan Tata Usaha Pimpinan serta Ibu RR. Rita Erawati selaku Kepala Biro Hukum. Turut hadir secara online melalui zoom, Bapak Erwin Dimas selaku Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan.

Kadin Indonesia diwakili oleh beberapa Dewan Pengurus diantaranya Bapak Heru Suprobo selaku Wakil Ketua Umum Bidang Perencanaan Pembangunan Nasional, Bapak Peter Frans selaku Ketua Komite tetap Koordinasi Asosiasi Jasa Konstruksi, serta Bapak Frans Buce Pangaribuan selaku Ketua Komite Tetap Keanggotaan dan Pemberdayaan Asosiasi

Pada rapat tersebut, Kadin Indonesia telah mengusulkan rencana penandatanganan nota kesepahaman untuk dilaksanakan bersamaan dengan acara Rakernas Kadin Indonesia yakni pada tanggal 21 November 2023. Adapun ruang lingkup kerjasama yang kembali dibahas pada rapat tersebut ialah terkait pertukaran staf Kementerian PPN/Bappenas dengan perusahaan – perusahaan swasta di bawah naungan Kadin Indonesia. Melalui program tersebut diharapkan para staf dapat bertukar wawasan terkait bidang usaha sehingga dapat merefleksikannya dengan lebih baik dalam dokumen dan kebijakan kedepannya.

Tindak lanjut terkait Nota Kesepahaman disampaikan oleh Ibu RR. Rita Erawati bahwa Nota Kesepahaman antara Kementerian PPN/Bappenas dengan Kadin Indonesia telah disusun dan dikoordinasikan dengan seluruh direktorat jendral di lingkungan Kementerian PPN/Bappenas agar ruang lingkup kerjasama dapat mencakup sektor yang luas.

Selain membahas mengenai persiapan penandatanganan nota kesepahaman, pihak Kadin juga menyampaikan dukungannya kepada pemerintah untuk menuntaskan stunting yang merupakan salah satu target Sustainable Development Goals (SDGs). Pihak Kadin telah mengusung gerakan berkonsep gotong royong yang mengajak pihak – pihak swasta di bidang usaha untuk menyumbangkan sebagian hasil pendapatan dan berkontribusi untuk mengurangi tingginya angka stunting di Indonesia. Pada rapat tersebut, pihak Kadin turut menyampaikan undangan kepada Menteri PPN/Bappenas untuk hadir pada kegiatan tersebut yang akan diselenggarakan pada Kamis, 26 Oktober 2023 di Studio Kompas TV.

Kementerian PPN/Bappenas diwakili oleh Bapak Dr. Ir. Taufik Hanafi menyatakan apresiasi dan dukungan terhadap Kadin Indonesia yang telah turut mendukung pemerintah, baik dalam penyusunan RPJMN maupun inisiasi kegiatan – kegiatan yang sejalan dengan prioritas nasional. Harapannya, meskipun nota kesepahaman masih akan ditandatangani pada 21 November 2023, kegiatan – kegiatan tersebut dapat segera direalisasikan.