Kementerian PPN/Bappenas dan Institut Teknologi Bandung Kolaborasi untuk Pengembangan Sistem Manajemen Data dan Kecerdasan Buatan

  • View : 378 | BERITA

Bandung (16/8) – Telah berlangsung acara Sharing Knowledge Pengembangan Sistem Manajemen Data, Kecerdasan Buatan, Sistem Pengolah Data, dan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) di Hotel Grand Tjokro Premiere Bandung pada 13 s/d 16 Agustus 2023. Acara ini diinisiasi oleh Pusat Data dan Informasi Perencanaan Pembangunan (Pusdatinrenbang) Kementerian PPN/Bappenas dalam upaya memajukan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018.

Tujuan utama acara ini adalah untuk mendorong pengembangan sistem manajemen data, kecerdasan buatan, dan sistem pengolah data pribadi di lingkungan Kementerian PPN/Bappenas. Hal ini diharapkan dapat membantu membangun ekosistem pembangunan data management yang canggih dan efektif dalam mendukung perencanaan pembangunan nasional.

Selama acara, berbagai kegiatan berlangsung, termasuk penyampaian informasi mengenai pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, serta aplikasi super apps yang telah berhasil diimplementasikan oleh kementerian lain. Narasumber pada kegiatan Sharing Session ini adalah dari Pusat Penelitian TIK, Institut Teknologi Bandung yaitu Bapak Wikan Danar Sunindyo yang membahas mekanisme pembangunan data management dari perspektif teori dan empiris, Bapak Agung Harsoyo dan Bapak Ary Setijadi Prihatmanto yang membahas mekanisme pembangunan private data protection & sastranetrabahu, Bapak Benirio Hermanto dan Bapak Lazuardi Nasution yang membahas Mekanisme pembangunan data centre dari perspektif teori dan empiris dan  Bapak Ary Setijadi dan Agus Sukoco yang membahas mengenai mekanisme pembangunan smart system dari perspektif teori dan empiris

Peserta acara terdiri dari berbagai pihak di lingkungan Kementerian PPN/Bappenas diantaranya Bapak Taufik Hanafi, Plt. Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas yang hadir secara daring melalui Zoom Meeting, turut hadir langsung, Bapak Agung Indrajit, Kepala Pusat Data dan Informasi Perencanaan Pembangunan, Bapak Jody Indrajaya, Pranata Komputer Ahli Muda serta perwakilan dari setiap unit kerja terkait di Kementerian PPN/Bappenas, turut hadir dari pihak Institut Teknologi Bandung dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, diantaranya Bapak I Gede Wenten, Bapak Ary Setijadi Prihatmanto, Bapak Agus Budiono, dan Pejabat dan staf dari Institut Teknologi Bandung.

Salah satu hasil yang diharapkan dari acara ini adalah terbentuknya daftar rekomendasi yang akan menjadi panduan dalam merencanakan kegiatan pengembangan ekosistem pembangunan data management di lingkungan Kementerian PPN/Bappenas. Selain itu, desain rencana kerja yang mencakup jangka pendek dan jangka panjang akan dirancang, termasuk rencana kegiatan serta timeline pengembangan sistem manajemen di Kementerian PPN/Bappenas.

Acara ini juga menjadi momen penting untuk penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pusat Data dan Informasi Perencanaan Pembangunan Kementerian PPN/Bappenas dengan Institut Teknologi Bandung. Ini menandai kolaborasi yang erat antara kedua entitas untuk mendorong pengembangan teknologi dan tata kelola data yang lebih baik.

Dari acara sharing knowledge Pengembangan Sistem Manajemen Data dan Kecerdasan Buatan serta Penandatanganan PKS ini menjadi tonggak penting dalam perjalanan menuju tata kelola pemerintahan yang lebih modern, transparan, dan efisien di Indonesia.