Kunjungan Studi Banding dengan JDIH Kemenkomarves

  • View : 39 | BERITA

Jakarta (16/11) - Dalam meningkatkan dan mengoptimalkan kualitas pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH), Biro Hukum Kementerian PPN/Bappenas kegiatan studi banding atau sharing knowledge untuk mengetahui manajemen pengelolaan JDIH yang dilakukan pengelola JDIH Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves).

Pada tahun 2022 Kemenkomarves menerima penghargaan anggota JDIHN terbaik I tingkat Kementerian pada ajang JDIHN Awards yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN). Hal ini yang menjadi dasar kegiatan studi banding yang dilakukan oleh Tim JDIH Kementerian PPN/Bappenas yakni untuk memperoleh ilmu, pengalaman serta tips dan trik mengenai pengelolaan JDIH di Kemenkomarves.
Kegiatan ini diawali dengan penyampaian maksud dan tujuan dari studi banding yang dilakukan oleh JDIH Kementerian PPN/Bappenas yang disampaikan oleh Ibu Mirna Saraswati selaku Koordinator Bidang Pengembangan dan Informasi Hukum, Beliau menyampaikan tujuan dari studi banding ini adalah berbagi ilmu dan pengalaman serta kiat-kiat dalam pengelolaan JDIH yang dilakukan oleh Kemenkomarves.
Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan penerimaan oleh Kepala Biro Hukum Kemenkomarves Bapak Budi Purwanto serta turut dihadiri oleh Tim pengelola JDIH Kemenkomarves yaitu Bapak Ryan Pasca Pratama dan Bapak Raditya Tanoya. 
Pada kesempatan ini Bapak Budi Purwanto menyampaikan metamorphosis perkembangan JDIH Kemenkomarves dari awal mula terbentuk pada tahun 2016 sampai pada peneriman penghargaan sebagai JDIH terbaik I kategori Kementerian selama 2 tahun berturut-turut. Beliau juga menambahkan mengenai strategi yang dilakukan oleh JDIH Kemenkomarves untuk peningkatan kinerja tim JDIH Kemenkomarves yaitu, Analisis Kompetitor, Diferensiasi Layanan, Pemenuhan Standarisasi, Inovasi Layanan, Evaluasi Kinerja, Studi Banding, Bimtek, Sharing Knowledge dan Pemberian Penghargaan. 
Pada paparan penutupnya Bapak Budi Purwanto menyampaikan 5 kunci sukses dalam mengelola JDIH Kemenkomarves yaitu Komitmen Pimpinan, Motivasi, Inovasi, Adaptasi dan Kerja Tim yang Solid yang menjadi kunci untuk sukses dalam mengelola JDIH.