Kongres Ke-5 The World Conference On Constitutional Justice dan Forum Silaturahmi Sesmenko, Sekjen, Sesmen, Sestama, Kasum TNI, Asrena TNI, dan Asrena Kapolri

  • View : 662 | BERITA

(5/10) - Acara Kongres ke-5 The World Conference On Constitutional Justice (WCCJ) bertemakan “Keadilan Konstitusi dan Perdamaian” yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali sejak tanggal 4 – 7 Oktober 2022 ini merupakan kongres rutin setiap beberapa tahun sekali sejak tahun 2009 di Cape Town, Afrika Selatan. Kongres ini terdiri atas lembaga-lembaga peradilan konstitusi, mahkamah agung, dan dewan konstitusi berjumlah 119 institusi dari negara-negara Afrika, Amerika, Eropa, Asia dan Australia. Adapun tujuan dari Kongres Dunia ini adalah untuk mendukung penegakan keadilan konstitusional yang mana dipahami sebagai constitutional review yang melingkupi perkara Hak Asasi Manusia sebagai elemen penting demokrasi dan perlindungan Hak Asasi Manusia. Dalam hal ini Indonesia diwakili oleh lembaga Mahkamah Konstitusi RI.

Sedangkan Kementerian PPN/Bappenas yang diwakili Kepala Biro Hukum Ibu RR. Rita Erawati, serta Staf merupakan undangan dari Mahkamah Konstitusi RI sebaga peserta kongres hari kedua dan juga peserta Forum SIlaturahmi Sesmenko, Sekjen, Sesmen, Sestama, Kasum Tni, Asrena Tni, dan Asrena Kapolri sebagai perwakilan Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas.

Kegiatan kongres hari kedua dibuka oleh Menteri Luar Negeri RI Ibu Retno Marsudi dan dilanjutkan dengan Kongres Sesi A terkait pembahasan “Sumber Hukum dan Yurisdiksi” yang dipimpin oleh Presiden Mahkamah Konstitusi Algeria YM Mr. Omar Belhadj selaku Pimpinan Kongres Sesi A, Ketua Mahkamah Konstitusi RI YM Anwar Usman selaku Keynote Speaker, Hakim Mahkamah Konstitusi Romania YM Simina Tanasescu selaku Pembahas Diskusi, dan Hakim Mahkamah Konstitusi Portugal YM Joana Fernandes selaku Pelapor Diskusi.

Pada siang harinya dilaksanakan secara pararel kegiatan Forum SIlaturahmi Sesmenko, Sekjen, Sesmen, Sestama, Kasum Tni, Asrena Tni, dan Asrena Kapolri yang dibuka oleh Hakim Mahkamah Konstitusi Arief Hidayat dan dilanjutkan dengan paparan terkait Manajemen Talenta oleh Mahkamah Konstitusi RI. Selanjutnya pada malam harinya dilanjutkan dengan acara Opening Ceremony oleh Presiden RI Bapak Ir. Joko Widodo serta dilanjutkan Gala Dinner oleh peserta kongres dan pasangan.