PERTEMUAN NASIONAL PENGELOLA JARINGAN DOKUMENTASI DAN INFORMASI HUKUM (JDIH) DAN PEMBERIAN PENGHARGAAN BAGI ANGGOTA JDIHN TERBAIK (JDIHN AWARDS) TAHUN 2021

  • View : 598 | BERITA

Jakarta 2/12 – Biro Hukum Kementerian PPN/Bappenas menghadiri acara Pertemuan Nasional Pengelola Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) dan Pemberian Penghargaan bagi Anggota JDIHN Terbaik (JDIHN Awards) Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh JDIHN. Acara yang diselenggarakan langsung dari Hotel Mercure Harmoni ini juga disiarkan langsung secara Virtual melalui Zoom Meeting dan melalui kanal Youtube BPHNTV Official.

 

Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari seluruh anggota JDIHN mulai dari Kementerian, Lembaga, Non Lembaga sampai dengan Daerah baik Provinsi, Kota dan Kabupaten. Acara yang diawali dengan Sambutan dan laporan Kepala BPHN Bapak Widodo Ekatjahjana kemudian dilanjutkan dengan sambutan Keynote Speech dari Menteri Komunikasi dan Informatika  Republik Indonesia yang diwakili oleh Bapak Ahmad M Ramli selaku Staf Khusus Menkominfo RI yang memaparkan mengenai Industri 5.0 dan Transformasi Digital Indonesia.

 

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan bagi anggota JDIHN terbaik tahun 2021 salah satunya kategori anggota JDIHN pada tingkat Kementerian diraih oleh terbaik V yaitu JDIH Kementerian Keuangan, Terbaik IV yaitu Kementerian Ketenagakerjaan, Terbaik III yaitu JDIH Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Terbaik II yaitu Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Terbaik I yaitu Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Selain itu, JDIH Kementerian PPN/Bappenas meraih terbaik VIII kategori EKA ACALPATI ( Penilaian JDIHN paling tinggi). Untuk seluruh penerima penghargaan dari seluruh kategori selengkapnya tercantum di dalam SK Menkumham tentang Penetapan Hasil Penilaian Kinerja Pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Tahun 2021.

 

Acara selanjutnya yaitu Sambutan dan Pembukaan Pertemuan Nasional Pengelola JDIH oleh Bapak Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H Laoly dan diikuti dengan proses peluncuran secara resmi 4 (empat) Aplikasi JDIHN yaitu Aplikasi ILDIS, Aplikasi Integrasi, Aplikasi E-Report dan Aplikasi JDIHN berbasis Android. Acara peluncuran ini menjadi penutup sesi pertama dari acara pertemuan Pertemuan Nasional Pengelola Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) dan Pemberian Penghargaan bagi Anggota JDIHN Terbaik (JDIHN Awards) Tahun 2021.

 

Sesi selanjutnya diisi dengan acara diskusi panel I mengenai Kebijakan Satu Data Indonesia menuju Digital Government dengan Pembicara Bapak Oktorialdi, Staf Ahli Menteri Bidang Pemerataan dan Pengembangan Wilayah PPN/ Bappenas serta sebagai Moderator Bapak Yasmon selaku Kepala Pusat Dokumentasi dan Jaringan Informasi Hukum Nasional. Setelah itu acara dilanjutkan dengan diskusi panel II yaitu Best Practices Pengelolaan JDIH  Kebijakan dan Inovasi Terkini yaitu sharing knowledge pengelolaan jdih dari penerima penghargaan terbaik. Kemudian acara ditutup dengan sesi tanya jawab serta pemberian hadiah (Kuis).