15 MEI 2023

(15/05) - Malang, 12 Mei 2023. Kementerian PPN/Bappenas melaksanakan Kunjungan Kerja Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas dan Penandatanganan Dokumen Perjanjian Kerja Sama di Universitas Brawijaya. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah meningkatkan hubungan kerja sama antara Kementerian PPN/Bappenas dengan Universitas Brawijaya dan Pemerintah Kota Malang, setelah penandatanganan dilakukan diskusi potensi kerja sama di bidang perencanaan pembangunan antara Kementerian PPN/Bappenas dan Universitas Brawijaya.

Kegiatan penandatangan Dokumen Kerja Sama tersebut diawali dengan kunjungan kerja Bapak Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas ke UB Forest dan dilanjutkan dengan Dialog antara Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas dengan memaparkan Peran dan Tugas Kementerian PPN/Bappenas, dan Rektor Universitas Brawijaya yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Internasional dengan memaparkan presentasi tentang Universitas Brawijaya.

Penandatanganan Dokumen Kerja Sama bersama Universitas Brawijaya secara seremonial di Rektorat Kampus Brawijaya Malang tersebut dilaksanakan sebagai pelaksanaan teknis dari Nota Kesepahaman Bersama antara Kementerian PPN/Bappenas dan Universitas Brawijaya tentang Kolaborasi Perencanaan Pembangunan Nasional melalui Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang ditandatangani pada tanggal 30 Maret 2020, dan Nota Kesepahaman antara Kementerian PPN/Bappenas dan Pemerintah Kota Malang tentang Sinergi Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan dalam Rangka Peningkatan Kapasitas dan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Bidang Perencanaan Pembangunan pada Pemerintah Kota Malang yang ditandatangani pada tanggal 1 Februari 2023.

Menurut Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas, “Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama ini merupakan langkah konkrit dalam mewujudkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN), selaras dengan motto Universitas Brawijaya “Building Up Noble Future”. Kerja sama ini juga sejalan dengan komitmen pemerintah Kota Malang dalam memperkuat kapasitas dan kualitas SDM Kota Malang. Kami harap kedepannya kerja sama ini dapat terus dilanjutkan dalam cakupan yang lebih luas dan melibatkan institusi dan Lembaga yang lebih beragam, sebagai bentuk komitmen kita bersama untuk mewujudkan SDM yang semakin kuat, berkualitas dan berintegritas.”

Sedangkan bagi Universitas Brawijaya, seperti dikatakan Prof. Widodo selaku Rektor Universitas Brawijaya, “Kami harapkan kerja sama antara Kementerian PPN/Bappenas dan Universitas Brawijaya dapat semakin kuat dalam rangka meningkatkan pendidikan di tanah air.”

Kerja sama kedua belah pihak ini nantinya meliputi beberapa hal yaitu pertama, meningkatkan kerja sama kedua belah pihak untuk pengembangan kegiatan bersama seperti On the Job Training (OJT) bagi Perencana dari Instansi Pusat dan Daerah. Kedua, kerja sama Program Desa Cerdas, Mandiri, dan Sejahtera (Desa Cemara). Dan Ketiga, kerja sama Kolaborasi Pengembangan Sumber Daya Manusia di Bidang Perencanaan Pembangunan dalam Rangka Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui Program Magang Mahasiswa.