13 APR 2021

Jakarta – Tim JDIH Kementerian PPN/Bappenas melakukan kunjungan ke JDIH Universitas Pamulang dalam rangka studi banding pengelolaan perpustakaan hukum pada JDIH Universitas Pamulang pada tanggal 9 April 2021. Kunjungan ini diterima langsung oleh Rektor Universitas Pamulang Bapak H. Dayat Hidayat, Wakil Rektor IV Ibu RR Dewi Anggraini, Kepala Perpustakaan, perwakilan dari Fakultas Hukum dan bagian IT.

 

Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan diskusi secara mendalam perihal pengelolaan perpustakaan hukum pada JDIH Universitas Pamulang, guna menjalin koordinasi dan kerja sama yang erat antar anggota JDIHN. Diskusi ini menjadi studi banding dalam rangka pengembangan JDIH dan peningkatan pengelolaan JDIH di lingkungan Kementerian PPN/Bappenas.

 

JDIH Universitas Pamulang berdiri pada akhir tahun 2018 dan terintegrasi dengan JDIHN pada tahun 2019. Di tahun 2019 itu pula, JDIH Universitas Pamulang memperoleh penghargaan sebagai posisi terbaik pertama pada kategori umum tingkat Perpustakaan Hukum PTN/PTS. Perhargaan yang sama diperoleh JDIH Universitas Pamulang pada tahun 2020, sehingga JDIH Universitas Pamulang memperoleh penghargaan tersebut selama 2 (dua) tahun berturut-turut.

 

Ibu RR Dewi Anggraini menyatakan bahwa integrasi dengan JDIHN dilakukan secara intensif melalui kegiatan pendampingan oleh BPHN. Pendampingan oleh BPHN dilakukan guna mengkoreksi, memperbaiki dan mengembangkan pengelolaan JDIH, agar dapat memenuhi standar pengelolaan JDIH sebagaimana diamanatkan oleh Perpres Nomor 33 Tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional serta Permenkumham Nomor 8 Tahun 2019 tentang Standar Pengelolaan Dokumen dan Informasi Hukum. Selain itu, JDIH Universitas Pamulang juga menyediakan menu dan fitur yang variatif serta memanfaatkan media sosial untuk mensosialisasikan informasi JDIH. Bahkan, pengelola JDIH berinisiatif mengadakan seleksi Duta JDIH di lingkungan kampus Universitas Pamulang, sehingga penyebaran informasi hukum menjadi semakin efektif dan efisien.